Tidak sedikit keluarga muda yang punya impian bisa segera memiliki rumah. Salah satu solusi sederhananya biasanya mengajukan pinjaman uang ke bank atau mengajukan KPR.

Akan tetapi, keputusan tersebut terkadang bukan didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan finansial, melainkan lebih dilatarbelakangi karena ketakutan karena harga rumah makin hari makin mahal. Hal tersebut bisa saja benar tetapi masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah dengan harga yang murah.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips sederhana bagaimana caranya bisa membeli rumah dengan harga yang terjangkau.

  1. Menabung uang muka sejak dini

Salah satu komponen biaya yang paling memberatkan adalah uang muka. Solusinya hanya dengan menabung sampai DP yang dibutuhkan cukup.

Uang muka yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan pemerintah adalah antara 10-20 persen. Bahkan untuk rumah dengan luas di bawah 70 meter persegi dibebaskan dari uang muka alias DP 0% sebagai upaya pemerintah mendorong meningkatnya perekonomian di sektor properti.

  1. Membandingkan antara rumah dengan apartemen

Kebutuhan rumah pun harus dipertimbangan soal jaraknya dengan kantor, lingkungan yang sesuai apalagi jika sudah memiliki anak. Jadi, pastikan lagi kelebihan dan kekurangan antara membeli rumah atau membeli apartemen.

Hindari membeli apartemen di pinggir kota atau di daerah kota satelit yang justru jaraknya jadi lebih jauh dengan tempat kerja. Kecuali jika memilih rumah yang sedikit lebih jauh dari tempat kerja, tetapi terjangkau dan menjanjikan di masa depan.

  1. Membandingkan bunga yang digunakan

Beberapa developer biasanya sudah punya kerja sama dengan lembaga pembiayaan yang dipilih entah itu bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Perlu dipahami juga bahwa kreditur biasanya menawarkan bunga tetap (fixed rate) atau bunga mengambang (floating rate). Baiknya pilih bunga tetap agar tidak kaget jika suku bunga dinaikkan sehingga terkadang malah jadi mengganggu neraca keuangan bulanan yang ideal.

  1. Mengidentifikasi kemampuan finansial

Selain mencari informasi tentang legalitas serta hukum rumah yang hendak dibeli, pastikan dulu kemampuan finansial. Seberapa jauh dan seberapa cocok antara rumah yang ditawarkan dengan penghasilan. Rumus sederhana, jika membeli mobil secara kredit, pastikan cicilan tidak lebih dari 30% termasuk dengan cicilan-cicilan yang sudah ada atau belum diselesaikan.

  1. Jangan pernah gunakan pinjaman uang untuk membayar DP

Inilah yang perlu diwanti-wanti. Jangan pernah menggunakan pinjaman uang dari fintech untuk membayar DP rumah. Selain tidak dianjurkan, justru akan membuat masalah di kemudian hari, seperti gagal membayar tagihan karena ada dua tagihan berjalan yang harus dibayar secara bersamaan.

Ini juga yang diajarkan oleh beberapa pakar keuangan bahwa jangan pernah mengajukan utang lebih dari sepertiga penghasilan. Oleh karena itu, tahap identifikasi kemampuan finansial juga sangat penting.

Soal kemampuan finansial, Kredivo juga punya filter dalam menjaring calon debiturnya. Syarat utamanya:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Kredivo memberikan kredit limit kepada nasabah sampai dengan Rp30 juta. Namun, tentu saja ada analisa khusus yang dilakukan Kredivo untuk memberikan limit sebesar itu. Biasanya dinilai dari kredit skor, termasuk komitmen dalam membayar utang bulanan ke lembaga keuangan atau bank.

Nah, Kredivo juga punya dua produk pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang dikhususkan bagi member premium. Untuk bisa menjadi member premium Kredivo, penuhi dulu beberapa persyaratan berikut:

Proses persetujuan bisa dilakukan hanya lewat aplikasi saja kok. Untuk itu, download dulu aplikasi Kredivo di Google Play Store maupun App Store. Bunga Kredivo cukup kompetitif yaitu 2,95% per bulan dengan pilihan tenor yang fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan.

Download sekarang juga aplikasi Kredivo dan lakukan pendaftaran dengan langkah-langkah yang mudah.