Tips Aman Melakukan Pinjaman Online Terbaik dan Tercepat

  • Whatsapp
Tips Aman Melakukan Pinjaman Online Terbaik dan Tercepat

Kemudahan melakukan pinjaman dana secara online seperti saat ini memang menjadi solusi bagi sebagian besar orang. Karena berbeda dengan meminjam dana secara konvensional, meminjam online terbilang lebih mudah dan praktis. Cukup dengan mengandalkan gadget saja, Anda sudah bisa melakukan proses peminjaman tanpa harus keluar rumah. Namun untuk mendapatkan pinjaman online terbaik dan tercepat, Anda juga perlu selektif. Pasalnya saat ini cukup marak penipuan pinjaman online dari situs ataupun layanan online. Terlalu gegabah meminjam dari layanan pinjaman online tanpa riset terlebih dahulu bisa berujung pada penyesalan.

Agar tidak terjebak pada pinjaman online yang menyesatkan atau tidak bertanggungjawab, tentunya Anda perlu mengetahui berbagai tips aman berikut saat meminjam online, yaitu:

  • Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Salah satu syarat suatu layanan pinjaman online sudah aman dan terpercaya adalah jika sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Karena pinjaman online legal yang terdaftar di OJK wajib mengikuti regulasi dan peraturan yang bertujuan untuk melindungi konsumen. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan pinjaman, karena jika mengalami suatu masalah terkait pinjaman akan mendapatkan perlindungan hukum.

  • Memiliki layanan konsumen.

Sebaiknya pilih layanan pinjaman online yang memiliki layanan konsumen jelas dan mudah untuk dihubungi, seperti adanya kontak telepon, alamat email, sosial media, nomor WA, alamat kantor, dll. Hal ini bertujuan agar ketikan mengalami suatu kendala, debitur dengan mudah bisa menghubungi layanan konsumen dan mendapatkan respon yang cepat. Adanya layanan konsumen yang jelas ini juga bisa menjadi pertanda jika layanan pinjaman tersebut memang legal.

  • Pastikan adanya transparansi biaya.

Karena pinjaman online hampir seluruh prosesnya dilakukan secara online tanpa bertatap muka, maka pastikan adanya transparansi biaya. Terutama transparan untuk informasi, seperti bunga yang harus dibayar, jangka waktu pinjaman, biaya-biaya tambahan, dll yang mana harus sudah tercantum di website atau aplikasinya. Jika Anda menemukan layanan pinjaman online yang tidak transparan untuk informasi terkait yang sudah disebutkan tersebut, maka sebaiknya urungkan untuk meminjam.

  • Memiliki website atau aplikasi yang aman dan terproteksi.

Pastikan jika Anda meminjam online dari situs yang aman dan terproteksi dengan secured. Karena pinjaman online yang legal memang diwajibkan oleh OJK untuk melakukan berbagai langkah security pada website dan databasenya untuk melindungi data konsumen. Untuk mengetahui keamanan situs pinjaman online tersebut, Anda bisa melihat adanya logo gembok atau tergembok pada bagian kiri atas. Ini menandakan situs tersebut keamanannya sudah terjamin.

  • Pinjam sesuai dengan kemampuan.

Dalam meminjam, selain menyesuaikan dengan kebutuhan, juga harus menyesuaikan dengan kemampuan bayar. Karena setelah mendapatkan pinjaman, Anda memiliki kewajiban untuk mengembalikannya. Sehingga dengan meminjam sesuai kemampuan akan membuat Anda bisa membayar dengan tepat waktu, serta bisa terhindar dari resiko kredit macet. Selain itu juga bisa terhindar dari kemungkinan melakukan gali lubang tutup lubang.

  • Pahami kontrak pinjaman terlebih dahulu.

Sebelum melakukan pinjaman, untuk lebih amannya Anda harus memahami kontrak pinjaman terlebih dahulu. Baca dengan teliti, kemudian ajukan pertanyaan jika ada yang belum dimengerti. Karena kontrak ini menjadi dasar hukum pinjam meminjam. Dimana segala hak dan kewajiban dari mereka yang terlibat sudah diatur di dalam kontrak pinjaman.

Itu tadi beberapa tips aman dalam melakukan pinjaman online. Jika Anda ingin mendapatkan layanan pinjaman online terbaik dan tercepat serta teraman, jangan sampai mengabaikan tips-tips tersebut. Dengan demikian, Anda juga bisa terhindar dari kemungkinan menyesal atau kecewa di kemudian hari.