Pengertian Kurs dan Manfaatnya dimata Para Pebisnis

  • Whatsapp
Pengertian Kurs dan Manfaatnya dimata Para Pebisnis

Meskipun sangat sudah tak asing lagi di telinga, ternyata kata kurs ini masih sering disalah pahami oleh kebanyakan orang. Kurs mata uang pada dasarnya adalah nilai tukar, yaitu harga uang di suatu negara di dalam mata uang negara lain. Jadi, kebanyakan dari kita pasti tidak sangat asing lagi mendengar istilah ini, meskipun artinya belum banyak yang memahami. melihat kurs yang banyak dimengerti oleh kebanyakan orang mungkin hanya satu, seperti 1USD = 14.000 IDR. Informasi itu memang banyak sekali di tuliskan di berbagai media mainstream. Nyatanya maksud dari kurs adalah tidak harus seperti ini.

Kurs sendiri dapat mengalami dua jenih perubahan yang sangat berbeda: apresiasi dan depresiasi. Apresiasi yaitu mata uang suatu negara yang berarti nilai mata uang negara tersebut mengalami peningkatan yang sangat besar dibandingkan mata uang yang lainnya, hal ini yang akan mengibarkan exspore menjadi sangat tinggi dan yang impor menjadi sangat lebih rendah. dan sebaliknya, depresiasi mata uang suatu negara yang berarti nilai mata uang suatu negara tersebut mengalami penurunan dibandingkan mata uang yang lainnya, oleh karena itu, mengakibatkan menjadi sangat murah dan impor menjadi sangat mahal.

Kurs jual selalu menjadikannya  lebih tinggi dibandingkan oleh kurs pembeli. Selisih antara kurs jual dan kurs beli ini disebut sebagai spread. Pedagang akan selalu membeli pada harga yang lebih rendah dan menjual dengan harga yang lumayan tinggi. Bank sebagai pedagang mata uang asing akan melakukan hal yang sama. Jadi spread adalah selisih antara harga jual dan beli yang merupakan komponen dari biaya transaksi. Selisih kurs ini adalah keuntungan bagi pihak bank yang di pergunakan dari setiap transaksi kurs mata uang asing.

Manfaat Kurs Dimata Pebisnis

Kurs sangat penting bagi para pebisnis menjadikannya alat penukaran barang dengan jasa yang dilakukan antar negara, sehingga manfaat kurs bagi para pebisnis dirasa sangat penting dalam perdagangan internasional seperti ekspor dan impor. Contohnya adalah kija negara Indonesia ingin mengirimkan suatu barang dari Amerika, maka negara amerika tidak akan menerima bayaran sepeser pun dengan mata uang negara Indonesia. Disitulah kurs yang sangat penting dalam memperolah bisnis sebagai alat tukar dan pembayaran internasional.

Ilustrasi Perhitungan Kurs Jual

Disaat , kurs jual euro saat itu 1EUR = 14.500 IDR (misalnya). Sementara pada kurs beli euro 1 EUR =14.000 IDR. Anda ingin menukar rupiahnya dengan euro, maka kurs jual lah yang menjadi acuan perhitungannya.

Pengaruh Kurs Terhadap Bisnis

Sebagaimana telah di informasikan di atas perihal sebuah apresiasi dan depresiasi terhadap mata uang dari suatu negara, maka perubahan nilai tukar ini tentunya mempengaruhi bisnis terkait perdagangan internasional, yaitu exspore dan impor. Bagi para pebisnis yang melakukan kegiatan exspore barang, umumnya perubahan nilai tukar yang lebih sering menguntungkan . terkadang dalam melakukan sebuah bisnis, pebisnis membutuhkan produk-produk impor dari luar negeri sebagai bahan baku, di sini kurs atau nilai akan menentukan keuntungan yang akan didapat.

Pengaruh Kurs Terhadap Hutang

Kurs tidak selamanya berperan tentang sebuah perdagangan internasional expor dan impor. Kurs juga berperan dalam sebuah hutang piutang luar negi. Apabila nilai tukar rupiah melemah, maka pebisnis yang memiliki sebuah hutang luar negeri akan rugi dikarenakan nilai hutang yang akan naik.

Kesimpulan

Dengan perkembangan zaman yang makin wow ini, kegiatan expore dan impor menjadikannya hal yang tidak tabu, justru lumrah. Karenanya, memahami pengertian kurs mata uang, manfaat dan pengaruhnya terhadap pebisnis menjadikannya sangat penting. Dengan memahaminya kerja nilai tukar atau kurs mata uang, pasti akan sangat sulit jika Anda membuat keuntungan yang bisa didapat dan bisnis yang dilakoni.

Related posts