Menakjubkan! Ini Dia Manfaat Buah Naga yang Wajib Diketahui

  • Whatsapp
Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga atau dragon fruit yang dikenal sebagai buah-buahan dengan bentuk sangat unik. Dari tampilan luarnya saja misalnya, terdapat seperti sisik ukuran besar berwarna merah dengan sedikit kelopaknya berwarna hijau. Pada dasarnya, buah ini berasal dari tumbuhan berjenis kaktus. Buah ini pun memiliki 2 macam jenis; buah yang berwarna merah dan putih.

Keduanya sama-sama memiliki rasa yang enak, manis dan menyegarkan. Namun siapa sangka, buah yang hidup seperti kaktus yakni di cuaca panas ini punya segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Nah, apa saja sih manfaat dari buah naga ini? Yuk, simak ulasannya berikut:

Sebagai Antioksidan

Seperti yang diketahui, pada buah naga terdapat warna menyala yang terang khususnya buah naga merah. Warna terang ini rupanya dihasilkan oleh zat pewarna alami yang tidak lain adalah antosianin. Ternyata, zat ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tak heran buah naga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk menjaga.

Manfaat buah naga dengan kandungan oksidannya tentu sangat banyak. Dimana, oksidan ini bisa membantu melindungi sel, jaringan dalam tubuh agar terhindar dari antigen asing yang bisa merusaknya. Bahkan, antioksidan pun berperan aktif untuk mencegah risiko pertumbuhan sel kanker yang membahayakan.

Menjaga Kelancaran Metabolisme

Di dalam buah naga, terdapat beberapa kandungan vitamin seperti B2 dan B3. Kedua vitamin ini sangat baik untuk membantu kelancaran proses metabolisme di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin B yang cukup banyak di dalam buah ini mampu menjaga kesehatan beberapa jaringan tubuh termasuk mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti katarak, migrain, hingga penyakit jantung dan gangguan saraf.

Menjaga Otot, Tulang, dan  Sendi

Adapun manfaat buah naga selanjutnya yakni berhubungan dengan tulang, otot juga sendi. Di dalam buah naga, terdapat beberapa nutrisi baik seperti magnesium yang bisa menjaga otot serta mencegahnya dari kram otot. Kandungan kalsium di dalamnya pun  bisa membantu menjaga kesehatan tulang juga sendi. Bahkan, dengan kandungan kalsium yang cukup banyak, buah naga bisa mencegah risiko osteoporosis dini. Dengan begitu, selain konsumsi susu, buah naga pun cukup baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Banyak orang yang akhirnya meninggal karena mempunyai masalah di organ jantungnya. Untuk menghindari dan mencegah beberapa masalah yang mengancam jantung, Anda bisa rutin mengonsumsi buah naga. Rupanya, selain magnesium yang bagu untuk otot, kandungan ini pun bisa sangat bermanfaat untuk menjaga performa jantung. Bahkan bisa mengurangi risiko terkena diabetes dan hipertensi yang bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Mencegah Anemia

Manfaat buah naga selanjutnya adalah mampu menjadi sumber zat besi yang bagus untuk tubuh. Seperti yang diketahui, kekurangan zat besi bisa meningkatkan risiko tubuh terkena anemia atau kekurangan darah merah. Kandungan zat besi di dalam buah naga, bisa membantu memenuhi kebutuhan akan zat besi di dalam tubuh dengna baik.

Selain beberapa manfaat dari buah naga tersebut, rupanya buah ini pun kaya akan vitamin C  yang sangat berperan baik untuk merangsang pembentukan dan pertumbuhan kolagen sehingga baik untuk kulit. Daya tahan tubuh pun lebih stamina dan terjaga sehingga lebih kuat. Dengan beberapa penjelasan tersebut, tentu buah naga ini memang sangat baik sekali dikonsumsi rutin.

Anda juga bisa mendapatkan beragam macam informasi manfaat buah naga lainnya melalui situs dan aplikasi Halodoc. Dapatkan juga beragam informasi kesehatan hingga pengobatan penyakit dengan lebih mudah. Anda juga bisa sekaligus berkonsultasi dengan dokter ahli dan mencari solusi terbaik dari semua permasalan medis yang dihadapi.

Related posts