Memiliki masalah pencernaan, seperti sudah buang air besar (BAB) biasanya sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya. Karena memang manfaat buah pepaya yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah bagus bagi pencernaan. Padahal jika mau menggali lebih dalam, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah manis yang berwarna orange ini.

Buah pepaya sangat kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin. Sebut saja mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, vitamin K, kalsium, serat, potassium, folat, dan magnesium. Dan khusus untuk kandungan vitamin C di dalam buah pepaya terbilang sangat tinggi, dimana dalam 1 buah pepaya setidaknya mengandung sekitar 235 mg vitamin C. Jumlahnya ini terbilang sangat banyak dan 2-3 kali lipat dari kebutuhan harian yang disarankan bagi tubuh.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, buah pepaya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, salah satunya bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, buah yang mudah ditemukan di Indonesia ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya yang tidak kalah penting, antara lain:

  • Menyehatkan mata.

Buah pepaya mengandung vitamin A yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A ini diperlukan menjaga kesehatan kornea dan membantu melembabkan mata agar senantiasa terlumasi dengan baik.

  • Menyehatkan rambut dan kuku.

Bagi Anda yang menginginkan rambut dan kuku yang sehat, penggunaan buah pepaya patut untuk dicoba. Hal ini lantaran pada buah pepaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Anda bisa menggunakan buah pepaya yang sudah berwarna orange sebagai masker yang bisa menyuburkan rambut.

  • Menyembuhkan kulit yang terbakar akibat pengaruh sinar matahari.

Zat likopen yang terkandung dalam buah pepaya jika dikonsumsi sangat bagus untuk menangkal kerusakan sel karena pengaruh radikal bebas yang ada di sekitar kita. Hal ini lantaran adanya peran dari antioksidan pada likopen yang terus aktif bekerja.

  • Bagus untuk kesehatan jantung.

Vitamin C dan likopen yang terkandung dalam buah pepaya jika dikonsumsi sangat bagus untuk mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung. Belum lagi kandungan antioksidan di dalam buah pepaya juga bisa meningkatkan efek kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

  • Menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang ingin dihindari oleh siapapun. Menerapkan gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker, seperti dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Untuk buah yang bisa Anda konsumsi karena berkhasiat sebagai anti kanker adalah buah pepaya. Hal ini lantaran pada buah ini mengandung antioksidan likopen yang mampu memerangi radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker.

  • Sebagai anti penuaan.

Nutrisi yang terkandung dalam buah pepaya sangat bagus untuk kesehatan kulit dan menjaganya agar terlihat lebih muda. Sebut saja seperti adanya kandungan enzim papain pada buah pepaya yang mana bermanfaat untuk melembutkan dan merevitalisasi kulit.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit infeksi, seperti flu dan pilek, maka sistem kekebalan tubuh harus dijaga. Mengkonsumsi buah pepaya dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang terkandung di dalamnya.

  • Membantu menyembuhkan penyakit demam dengue.

Manfaat buah pepaya lainnya adalah sebagai obat penyembuh untuk penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dimana berperan dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.