Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, maka anda tidak bisa terlepas dari kebutuhan yang mendesak dan membutuhkan dana dalam waktu singkat. Terlebih jika anda tidak memiliki tabungan maka solusinya adalah dengan mencari pinjaman dana. Untuk mendapatkan pinjaman yang cepat cair sepertinya tidak memungkinkan jika mengajukan melalui bank. Sebab prosesnya yang lama dan membutuhkan agunan dengan nilai sebesar pinjaman yang diajukan. Biasanya untuk memperoleh kredit cepat sebagian orang memilih untuk meminjam uang melalui rentenir.

Jika berpikiran untuk meminjam uang melalui rentenir, sebaiknya pikirkan kembali karena meskipun menawarkan proses yang mudah, ada risiko besar menanti anda. Tak jarang sudah banyak yang terjerat bunga tinggi dan mencekik karena meminjam uang kepada rentenir. Namun tak perlu khawatir karena kini telah hadir kredit cepat secara online yang pengajuannya sangat mudah dan cepat serta besarnya bunga yang bisa anda pilih sesuai kemampuan dan masa tenornya.

Risiko Pinjam Dana ke Rentenir

Jika hendak mengajukan pinjaman ke rentenir maka pertimbangkan risikonya yang bisa merugikan anda, yaitu :

  1. Suku Bunga Tinggi

Kebanyakan rentenir akan menerapkan suku bunga yang tinggi bahkan hingga mencapai 20%. Dimana suku bunga tersebut bisa diterapkan perbulan atau pertahun yang sangat membebani peminjam. Besarnya pembayaran pinjaman akan jauh lebih besar dari nilai uang pinjaman sehingga sangat merugikan.

  1. Di datangi Debt Collector

Biasanya rentenir memiliki anak buah yang tugasnya menagih hutang yang macet. Bahkan debt collector tersebut adalah preman yang akan memaksa peminjam untuk membayar hutang. Tak jarang banyak kasus penganiayaan yang dilakukan preman tersebut yang sangat merugikan peminjam.

  1. Penyitaan Barang

Bagi peminjam yang tidak bisa membayar hutangnya maka rentenir akan menyita barang berharga milik peminjam. Padahal saat awal peminjaman tidak ada perjanjian jaminan. Nilai aset barang yang disita tersebut justru lebih besar dari jumlah pinjamannya.

Pinjaman Online Solusi Kredit Cepat yang Aman

Untuk memperoleh kredit cepat dengan bunga yang masuk akal maka anda bisa mengajukan pinjaman online saja. Berikut akan dijelaskan alasan kenapa anda harus memilih pinjaman online dibanding meminjam dana ke rentenir yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

  1. Memiliki Perlindungan Hukum

Pinjaman online adalah produk fintech yang resmi dari bank serta sudah berada di bawah pengawasan OJK. Dimana syarat serta ketentuan pinjaman online tersebut ditetapkan berdasarkan koridor hukum. Hal ini yang membuat pihak bank tidak bisa menagih secara semena-mena pada nasabah. Bila ada tunggakan pembayaran maka akan dilakukan melalui proses mediasi.

  1. Suku Bunga yang Tranparan

Karena dijalankan berdasarkan hukum yang berlaku maka nilai suku bunga yang diberikan juga lebih jelas dan pasti. Besarnya suku bunga dijelaskan secara transparan melalui website pinjaman online sehingga bisa dipahami sebelum pengajuan pinjaman.

  1. Masa Tenor yang Bisa Disesuaikan

Pinjaman online memberikan kesempatan untuk peminjam agar memilih masa tenor pinjaman sesuai dengan kemampuan finansial. Hal ini tentu akan memudahkan peminjam dalam membayar angsuran pinjaman setiap bulannya.

  1. Pembayaran Angsuran Terekam Sistem Bank

Pinjaman online juga menerapkan sistem pembayaran yang terstruktur dan rapi. Cara yang dilakukan antara lain melalui trabsfer dan autodebet. Saat anda melakukan pembayaran maka bukti pembayaran tersebut bisa anda simpan dan sistem sudah merekam transaksi pembayarannya.

Itulah tadi informasi seputar alasan memilih pinjaman online daripada pinjam rentenir yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Agar terhindar dari rentenir maka anda bisa memilih pinjaman online melalui Tunaiku saja. Sebab lembaga keuangan yang satu ini menawarkan berbagai kelebihan dengan suku bunga yang transparan sehingga bisa menjadi solusi kredit cepat terbaik untuk memenuhi kebutuhan anda. Download aplikasi Tunaiku disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app.